Teknik Ternyata Jadi Jurusan Favorit Penerima Beasiswa di Jepang, Lho!

Campus, Senin, 18/01/2016 11:06 WIB

Teknik Ternyata Jadi Jurusan Favorit Penerima Beasiswa di Jepang, Lho!

Ingat Jepang, ingat teknologi modern. Jangan heran jika bidang studi teknik selalu dijadikan incaran.
Teknik Ternyata Jadi Jurusan Favorit Penerima Beasiswa di Jepang, Lho!
Kamu pernah dengar ada robot yang bisa bicara, bahkan bernyanyi? Atau robot yang bisa berubah jadi mobil layaknya di film Transformer? Tahukah kamu, robot-robot tersebut buatan negara mana? Benar sekali! Jepang adalah negara pemroduksi robot-robot tersebut.

Selama ini, Jepang begitu dikenal di mata dunia karena kecanggihan teknologinya. Mulai dari alat-alat elektronik, otomotif, hingga robot, banyak diproduksi di sana. Kemampuannya dalam menciptakan teknologi terkini inilah, yang membuat Jepang dipercaya sebagai negara rujukan untuk mempelajari teknologi oleh penerima beasiswa.

“Dulu, saya sempat kuliah selama enam bulan di Indonesia. Tepatnya di Jurusan Teknik Elektro. Jepang adalah negara yang tepat untuk meneruskan studi saya di bidang tersebut,” ungkap Emha Bayu Miftahullatif tentang pilihannya. Bagi penerima beasiswa Monbukagakusho di jurusan Quantum Electronics and Engineering ini, kuliah teknik di Jepang seperti berguru pada ahlinya langsung. Maka, tak mengherankan jika jurusan teknik selalu jadi favorit para penerima beasiswa dari tahun ke tahun. Sebut saja itu jurusan Teknik Kimia, Teknik Mesin, atau Teknik Elektro.

Hal senada juga disampaikan oleh Sarah Fithry Panggabean, penerima beasiswa yang kini menempuh studi di Waseda University. “Mungkin jurusan teknik di Jepang lebih maju daripada jurusan sosial karena penggunaan teknologi dan laboratorium yang lebih canggih.”

Di luar jurusan tersebut, bidang-bidang lain pun punya daya tarik. Hanya saja menurut Emha, akan sedikit kesulitan dalam hal bahasa. Apalagi, jika penerima beasiswa hanya mampu berbahasa Inggris saja dan jurusan yang dipilih tidak berbahasa Inggris. Sarah menambahkan, “Saya sendiri di jurusan ilmu sosial. Tapi menurut saya, kalau jurusan sosial sebenarnya lebih bagus di Amerika atau Eropa karena lebih multikultur.”


Universitas Favorit

Selain jurusan favorit, beberapa universitas muncul sebagai kampus favorit mahasiswa asing. Termasuk mahasiswa yang berasal dari Indonesia. “Kalau universitas yang sering dijadikan incaran oleh penerima beasiswa ke Jepang adalah Universitas Tokyo, Kyoto, Osaka, Hokaido, dan juga Tsukuba,” papar Emha. Pria kelahiran tahun 1990 ini menambahkan, semakin besar universitas yang dituju, maka semakin banyak pula program internasional yang dipunya.

Tak jauh berbeda dengan Emha, Sarah juga menyebutkan nama Universitas Tokyo dan Kyoto. “Untuk universitas negeri, biasanya Universitas Tokyo, Kyoto, Chiba, dan Nagoya yang diminati. Tapi Waseda dan Keio juga cukup banyak mahasiswa dari Indonesia, kok!”

Tak mengherankan jika Universitas Tokyo selalu menjadi universitas favorit. Universitas ini adalah universitas nomor satu di Asia dan universitas nasional pertama di Jepang. Sedangkan Universitas Kyoto merupakan salah satu universitas negeri terbaik di Jepang, setelah Universitas Tokyo. Keduanya bisa dikatakan memiliki cukup banyak kelas berbahasa Inggris dan telah menghasilkan alumnus yang sukses di berbagai bidang.

Bagaimana dengan kamu? Tertarik belajar teknologi atau jurusan lainnya di Jepang? Tunggu apalagi? Segera persiapkan dirimu dari sekarang, ya!



Penulis          : Febriyanti Revitasari

Editor            : Yuana Anandatama

Grafis            : Ardiansyah Bahrul A.



Sumber :http://www.careernews.id/tips/view/3744-Teknik-Ternyata-Jadi-Jurusan-Favorit-Penerima-Beasiswa-di-Jepang-Lho


Teknik Ternyata Jadi Jurusan Favorit Penerima Beasiswa di Jepang, Lho! Teknik Ternyata Jadi Jurusan Favorit Penerima Beasiswa di Jepang, Lho! Reviewed by dobling on 9:30 AM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.