NTU atau NUS? Pilah-pilih Jurusan Unggulan Universitas di Singapura!

Campus, Senin, 01/02/2016 16:06 WIB

NTU atau NUS? Pilah-pilih Jurusan Unggulan Universitas di Singapura!

National University of Singapore (NUS) dan Nanyang Technological University (NTU), dua universitas populer di Singapura. Mana yang jadi tujuan studimu?
NTU atau NUS? Pilah-pilih Jurusan Unggulan Universitas di Singapura!
Dua universitas di Singapura yang sering kali menjadi incaran lulusan S1, terutama dari Indonesia, adalah NUS dan NTU. Kedua universitas tersebut masuk dalam 20 besar universitas terbaik di dunia.

Melihat hal ini, tak heran jika banyak lulusan yang menjadikan kedua universitas tersebut sebagai tujuan mereka untuk menempuh studi. Kira-kira jurusan apakah yang jadi unggulan di kedua universitas ini?


Engineering vs Social Science

Evan Purnama, alumnus NTU asal Yogyakarta yang mengambil jurusan electrical engineering, menuturkan, kedua universitas tersebut memiliki keunggulan masing-masing. NTU, misalnya, lebih banyak diincar oleh lulusan dengan latar belakang engineering. Sementara untuk lulusan S1 yang ingin melanjutkan studi di ranah ilmu sosial, Evan menyarankan untuk memilih NUS. “NUS itu lebih diverse jadi enggak cuma engineering, ada social science juga. Ranking-nya juga lebih bagus dari NTU dan lokasinya pun di tengah kota,” terang Evan.

Hanya, tantangan untuk bisa diterima di NUS terhitung lebih besar dibandingkan dengan NTU. Selain karena faktor peringkat yang lebih tinggi, hal ini juga dipengaruhi adanya kuota untuk mahasiswa internasional yang cenderung lebih sedikit. “Jika dibandingkan dengan NTU, kuota internasionalnya bisa sekitar seperlimanya,” tambah Evan.

Meskipun secara peringkat masih kalah dengan NUS, rata-rata peminat engineering lebih memilih NTU. Adapun jurusan-jurusan yang banyak diminati oleh mahasiswa, meliputi chemical engineering, aerospace engineering, electrical engineering, dan computer engineering. Menurut Evan, minat yang tinggi pada jurusan-jurusan tersebut didasarkan pada pertimbangan pilihan karir yang sedang potensial di Singapura.


Hindari Jurusan Medical dan Teknik Material

Popularitas jurusan, menurut Evan, juga sangat dipengaruhi oleh perkembangan sosial ekonomi Singapura. Misalnya, untuk saat ini, jurusan teknik sipil dan teknik material menjadi jurusan yang kurang berprospek. “Ini salah satunya dikarenakan pembangunan di Singapura enggak terlalu banyak,” jelasnya. Karena itulah, lulusan yang bercita-cita meniti karir di Singapura setelah menyelesaikan studi S2 sebaiknya menghindari pilihan jurusan tersebut.

Medical selanjutnya menjadi jurusan yang juga sebaiknya tidak menjadi pertimbangan utama. Sebaliknya, bukan karena jurusan ini tidak berprospek tetapi karena sifatnya yang sangat eksklusif. “Medical itu susah banget untuk dimasuki. Itu kayak jurusan yang paling prestisius, sangat eksklusif. Enggak bisa orang lain masuk selain warga negara Singapura,” jelas Evan.

Prospek kerja, bagi Evan, menjadi pertimbangan penting untuk memilih jurusan selain popularitasnya,terlebih bagi lulusan yang ingin terus berkarir di Singapura. Bagaimana dengan kamu yang bercita-cita melanjutkan studi di Singapura? Sudahkah kamu menetapkan dan memantapkan pilihan jurusanmu?



Penulis          : Grattiana Timur

Editor            : Rifki Amelia

Grafis            : Ardiansyah Bahrul A.



Sumber :http://www.careernews.id/tips/view/3776-NTU-atau-NUS-Pilah-pilih-Jurusan-Unggulan-Universitas-di-Singapura


NTU atau NUS? Pilah-pilih Jurusan Unggulan Universitas di Singapura! NTU atau NUS? Pilah-pilih Jurusan Unggulan Universitas di Singapura! Reviewed by dobling on 4:30 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.